Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Berita Media  >  Artikel saat ini

UKM Indonesia Miliki Keyakinan Tinggi

Oleh   /   Kamis 24 November 2011  /   Tidak ada komentar

Para pelaku usaha kecil dan menegah (UKM) di Indonesia meyakini bahwa bisnis mereka akan bertumbuh di tahun mendatang. Hal ini seiring dengan keyakinan mereka bahwa perekonomian secara luas akan mempertahankan kuatnya tingkat pertumbuhan tersebut.

keuangan LSM

80 persen usaha kecil di Indonesia saat ini memiliki pinjaman usaha.

Sumber: TRIBUNnews.com, 24 Nop. 2011

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Para pelaku usaha kecil dan menegah (UKM) di Indonesia meyakini bahwa bisnis mereka akan bertumbuh di tahun mendatang. Hal ini seiring dengan keyakinan mereka bahwa perekonomian secara luas akan mempertahankan kuatnya tingkat pertumbuhan tersebut.

Survei bisnis kecil Asia-Pasifik yang dilakukan oleh CPA Australia pada 2011 (The 2011 CPA Australia Asia-Pacific Small Business Survey) menunjukkan bahwa 97 persen usaha kecil Indonesia yang disurvei mengharapkan usaha mereka untuk bertumbuh di tahun mendatang. Angka tersebut merupakan angka terbesar dalam sejarah survei ini.

Melanjutkan prospek usaha kecil di Indonesia yang kuat, survei menunjukkan bahwa pengusaha kecil Indonesia memiliki kecenderungan tinggi untuk meminjam dana guna membiayai pertumbuhan bisnis mereka.

Survei juga menunjukkan bahwa pengusaha kecil Indonesia memiliki tingkat kepercayaan diri tertinggi untukmemperoleh pinjaman diantara semua pasar yang disurvei.

“Tingginya tingkat keyakinan bisnis yang ditemukan di Indonesia ini bertolak belakang dengan hasil surveipada pasar lainnya, terutama di Australia dan Hong Kong,” kata Paul Drum, CPA Australia Head of Business and Investment Policy dalam rilisnya di Jakarta, Kamis (24/11/2011).

Survei ini menjangkau lebih dari 1.500 bisnis di Indonesia, Australia, Hong Kong, Malaysia, Singapura danSelandia Baru. Tahun ini merupakan pertama kalinya Indonesia dan Selandia Baru diikutsertakan dalamsurvei ini.

Disebutkan, beberapa temuan penting dalam survei ini diantaranya adalah, 80 persen usaha kecil di Indonesia saat ini memiliki pinjaman usaha, Sebagian besar (92 persen) bisnis Indonesia berharap untuk memperoleh pinjaman tambahan di tahun mendatang, dan 66 persen diantaranya berniat menggunakan pinjaman tersebut untuk mendanai pertumbuhan bisnis.

Dari semua bisnis Indonesia yang melakukan pinjaman pada tahun lalu, 22 persen diantaranya menyatakan bahwa mereka mengalami kesulitan dalam memperoleh pinjaman. Angka ini cukup rendah dibandingkan dengan 47 persen bisnis di Malaysia yang menyatakan hal yang sama, Bisnis di Indonesia (65 persen) merupakan bisnis dengan tingkat kemungkinan tertinggi untuk meningkatkan jumlah pegawai mereka dalam 12 bulan ke depan.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

UMKM Perlu Serap Digital

Selengkapnya →