Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Berita  >  Artikel saat ini

Undangan Kopdar KeuanganLSM: “PSAK 24 mengenai Imbalan Kerja”

Oleh   /   Selasa 28 Oktober 2014  /   Tidak ada komentar

Imbalan kerja (employee benefits) adalah seluruh bentuk imbalan yang diberikan suatu entitas dalam pertukaran atas jasa yang diberikan oleh pekerja atau untuk pemutusan kontrak kerja.

Kopdar KeuanganLSM: PSAK 24 mengenai Imbalan Kerja

Kopdar KeuanganLSM: PSAK 24 mengenai Imbalan Kerja

Apa sih cakupan dari PSAK 24?

Secara umum PSAK 24 adalah mengatur pernyataan akuntansi tentang imbalan kerja di perusahaan.

Latar belakang Penerapan PSAK 24 tentang Imbalan Kerja adalah: Undang-Undang Ketenagakerjaan (UUK) Nomor 13 Tahun 2003 mengatur secara umum mengenai tatacara pemberian imbalan-imbalan di perusahaan, mulai dari imbalan istirahat panjang sampai dengan imbalan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Imbalan-imbalan di UUK tersebut dapat diatur lebih lanjut di Peraturan Perusaaan (PP) atau di Perjanjian Kerja Bersama (PKB) antara Perusahaan dan Serikat Pekerja dan tentu saja merujuk kepada ketentuan di UUK.

Apa yang dimaksud Imbalan Kerja?

Imbalan kerja (employee benefits) adalah seluruh bentuk imbalan yang diberikan suatu entitas dalam pertukaran atas jasa yang diberikan oleh pekerja atau untuk pemutusan kontrak kerja.

Apa Keterkaitan Profesi Auditor (Kantor Akuntan Publik) dengan PSAK 24?

Pihak yang terkait dalam proses perhitungan beban imbalan kerja PSAK 24 adalah auditor, biasanya eksternal auditor (Kantor Akuntan Publik-KAP). Seperti yang telah diketahui setiap perusahaan akan menyusun laporan keuangan di akhir tahun buku, maka pihak KAP akan melakukan audit diperusahaan. Pada proses audit tersebut lah hasil laporan PSAK 24 yang telah dihitung akan di cek validasi nya. Apakah sudah sesuai dengan PSAK 24 yang di keluarkan oleh DSAK-IAI atau belum. Kadang kala mereka juga melakukan cross check terhadap hasil perhitungan dengan meminta contoh perhitungan.

Oleh karena itu penerapan PSAK 24 dianjurkan kepada perusahaan, Kalau tidak menerapkan PSAK ini, maka auditor akan memberikan pendapat wajar dengan pengecualian PSAK 24. Artinya, semua akun di laporan keuangan adalah wajar, bebas dari salah saji material, kecuali salah satu akun sehubungan dengan PSAK 24, karena perusahaan tidak mengikuti Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang berlaku di Indonesia. Apa yang dilakukan auditor sudah sesuai dengan Standar Profesional Akuntan Publik (SPAP).

Kopdar kali ini akan kita gunakan untuk ajang bersilahturahmi sekaligus diisi obrolan dengan tema menarik. Kopdar ini akan di selenggarakan pada:

Silakan bertandang ke Kantor Wisma PKBI (Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia) ajak teman-teman sekantornya, tidak dilarang membawa makanan sendiri-sendiri.

Demikianlah undangan ini kami sampaikan, atas kehadirannya diucapkan terima kasih.

Undangan Kopdar bisa diunduh disini.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

UMKM Perlu Serap Digital

Selengkapnya →