Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Akuntansi  >  Artikel saat ini

Utang atau Modal?

Oleh   /   Kamis 25 Desember 2014  /   Tidak ada komentar

Minority interest hanya muncul pada perusahaan yang mengonsolidasi laporan keuangan dengan anak perusahaan. Minority interest berhak atas sejumlah aset dan laba pada anak perusahaan tertentu yang terkonsolidasi, tetapi tidak berhak atas aset dan laba lainnya, selain yang secara hukum terkait.

keuanganLSM

Utang atau Modal?

Sampai saat ini tidak ada kesepakatan perlakuan terhadap minority interest. Pembaca akan mengalami hal ini ketika membaca laporan keuangan perusahaan konsolidasi. Pertanyaan yang timbul adalah:

  • Apakah minority interest adalah utang? Kalau utang, minority interest tidak menerima bunga dan tidak ada waktu jatuh tempo.
  • Apakah minority interest adalah ekuitas? Kalau ekuitas kenapa dia tidak ikut RUPS di holding.

Masalah kedua adalah dalam memperlakukan minority interest pada waktu mengukur leverage. Pada saat itu, seorang analis harus mengambil sikap apakah minority interest diperlakukan sebagai utang, ekuitas atau bukan dua-duanya. Masalah ketiga adalah pengukuran return on investment (ROI). Pengukuran ROI bisa berbasis pada jumlah aset. Apabila hal ini yang terjadi, maka tidak timbul masalah dalam pengukuran ROI. Apabila rumus yang digunakan menggunakan EBIT dibagi dengan utang dan modal, maka analis juga harus mengambil sikap terhadap posisi minority interest. Contoh berikut dapat memberikan gambaran posisi minority interest di laporan keuangan.

11-13-2014 11-57-47 AM

Kesimpulan

Penggabungan usaha dilakukan untuk menambah ukuran perusahaan secara anorganik. Secara akuntansi terdapat metode pooling dan purchase. Kedua metode menimbulkan konsekuensi analisis yang berbeda, walaupun secara ekonomis nilai hasil penggabungan sama saja. Metode pooling hanya melanjutkan nilai historis kedua perusahaan. Metode purchase menuntut penggunaan nilai wajar untuk target.

Goodwill hanya muncul apabila perusahaan melakukan merger dengan metode purchase, dan tidak muncul apabila perusahaan melakukan merger dengan metode pooling. Metode pooling sudah tidak diperkenankan di Amerika. Goodwill akan diamortisasi. Walaupun demikian, amortisasi goodwill dan impairment of goodwill diabaikan oleh analis dalam menganalisis laba-rugi.

Minority interest hanya muncul pada perusahaan yang mengonsolidasi laporan keuangan dengan anak perusahaan.

Minority interest berhak atas sejumlah aset dan laba pada anak perusahaan tertentu yang terkonsolidasi, tetapi tidak berhak atas aset dan laba lainnya, selain yang secara hukum terkait.

Disarikan dari buku: Investigasi Laporan Keuangan & Analisis Rasio Keuangan, Penulis: Toto Prihadi, Hal: 73-75.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

keuanganLSM

Apa itu Fraud? Mengapa Penting untuk Diketahui?

Selengkapnya →