Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Referensi  >  Referensi Buku  >  Artikel saat ini

Wacana Filantropi dalam Kapitalisme Gerak Cepat

Oleh   /   Rabu 5 Oktober 2011  /   Tidak ada komentar

Kapitalisme memberikan andil yang cukup besar dalam proses modernisasi dan globalisasi. Sebut saja Warren Buffett, Bill dan Melinda Gates, George Soros, dan para filantrop dunia yang lain merupakan para kapitalis besar di jaman ini.

keuangan LSM

Wacana Filantropi dalam Kapitalisme Gerak Cepat

Jurnal Galang: Vol. 2, No. 3, Agustus 2007
Penerbit: PIRAMEDIA, 2007

Kapitalisme memberikan andil yang cukup besar dalam proses modernisasi dan globalisasi. Sebut saja Warren Buffett, Bill dan Melinda Gates, George Soros, dan para filantrop dunia yang lain merupakan para kapitalis besar di jaman ini.

Dalam konteks ini kita memandang bahwa filantropi merupakan sarana bagi para filantrop untuk melakukan pembenaran atas eksploitasi sumber daya, khususnya kepada para buruh miskin.

Sistem hukum yang berlaku pun secara tidak langsung juga mendukung aktivitas kedermawanan para filantrop besar tersebut. Sistem kapitalisme membuat si miskin menjadi semakin miskin dan sebaliknya si kaya menjadi semakin kaya.

Mendasari dari konsep dan pandangan yang beragam tentang relasi filantropi dan kapitalisme, pada edisi ketiga di tahun kedua ini Galang mencoba mengulas dan menyajikan secara kritis wacana tersebut. Kami menyajikan kasus-kasus yang mendukung teori yang diuraikan para penulis.

Selain artikel penulis dalam negeri yang mengritisi apa dibalik implementasi program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), filantropi yang dikaitkan dengan filsafat kapitalisme, esensi filantropi (baca: kapitalisme) yang dikaitkan dengan tradisi Islam, dan juga artikel penulis luar negeri yang mengupas hubungan antara filantropi (kaitannya dengan amal baik) dan kapitalisme (kaitannya dengan pasar) sebagai hubungan terselubung yang membekukan dunia.

Di bagian akhir rubrikasi, kami pun menyajikan sebuah wacana dari buku lama namun akan selalu baru untuk terus dikaji berkenaan dengan modus kedermawanan para filantrop dunia sebagai aksi yang sarat kepentingan dan aroma ideologis. Guna memperkuat hipotesisnya, para penulis dalam buku tersebut dalam risetnya menggunakan pendekatan kritis, dengan cara menggeledah sejarah, asumsi, wacana, cara kerja dan jaringannya.

Jurnal Galang diterbitkan oleh PIRAC dengan dukungan Ford Foundation, merupakan media komunikasi dan curah pendapat seputar masalah kedermawanan sosial (filantropi), mobilisasi sumber daya (resource mobilization), serta perkembangan masyarakat madani dalam rangka mewujudkan masyarakat yang berkeadilan sosial. Jurnal tiga bulanan ini akan memaparkan tulisan hasil penelitian, studi kasus, telaah ilmiah, review buku, dan wawancara baik dari narasumber/penulis dalam dan luar negeri.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Akuntansi Desa

Selengkapnya →